SOAL – SOAL TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. . . .
1. Suatu proses penyampaian pikiran dan perasaan melalui bahasa, baik verbal maupun non-verbal, mendengar, berbicara, gerak tubuh, dan ungkapan emosi disebut…
a. Point to point communications
b. Komunikasi dengan cara Broadcassting
c. Komunikasi
d. Pengolahan data
e. Telekomunikasi
2. Proses pengiriman informasi(data) yang telah diolah dalam bentuk kode tertentu yang disepakati melalui media listrik elektronik dari titik ke titik yang lainnya merupakan pengertian dari….
a. Komunikasi gerak
b. Komunikasi data
c. Pengolahan data
d. Komunikasi suara
e. Sistem komunikasi
3. Dibawah ini adalah jenis-jenis komunikasi dalam pembelajaran kecuali….
a. Komunikasi efektif dan santun
b. Komunikasi simpatik dan empati
c. Komunikasi pada komunitas profesi sendiri
d. Komunikasi dengan profesi lain
e. Komunikasi kompleks
4. 1. Berstruktur
2. Tidak berstruktur
3. Bersifat spontan
4. Identitas keanggotaan tidak jelas
5. Mengejar tujuan yang direncanakan
6. Identitas keanggotaan jelas
Dari pernyataan-pernyataan diatas yang merupakan ciri-ciri komunikasi antar pribadi (KAP) menurut Barnlud adalah no…
a. 1, 3, dan 6 c. 2, 3, dan 6 e. 2, 3, dan 4
b. 1, 4, dan 5 d. 3, 4, dan 5
5. KAP merupakan komunikasi paling efektif untuk mengubah sikap, pendapat atau perilaku seseorang. Menurut Kumar yang merupakan ciri efektifitas KAP adalah sebagai berikut, kecuali…
a. Empati dan dukungan
b. Keterbukaan dan rasa positif
c. Simpati dan kesetaraan
d. Keterbukaan dan kesetaraan
e. Dukungan dan rasa positif
6. Komunikasi adalah proses pengoperan lambang-lambang yang berarti antara individu. Pengertian komunikasi tersebut merupakan pengertian komunikasi menurut….
a. Onong Uchyana Effendy
b. Bennard Berelson dan Gary A. Steinner
c. Wilbur Schram
d. William Albig
e. David Berlo
7. Ketrampilan yang dibentuk dari pelatihan membedakan langkah-langkah pemecahan masalah yang collusive, competitive dan cooperative serta penentuan metode pemecahan masalah terefektif. Yang dimaksud dari pengertian tersebut adalah…
a. Problem solving
b. Effective listening
c. Disclosure
d. Assertion
e. Anger management
8. Komponen-komponen komunikasi:
(1) Pengirim pesan (sender)
(2) Pesan yang disampaikan (message)
(3) Bagaimana pesan tersebut dikirimkan (delivery channel)
(4) Penerima pesan ( receiver)
(5) Umpan balik (feed back).
Lima komponen atau unsur penting dalam komunikasi diatas dikemukakan oleh…
a. Stephen Covey
b. Thomas Leech
c. Charles Schwabb
d. William James
e. Dale Carnegie
9. Di bawah ini yang merupakan pengertian dari hukum komunikasi efektif “Respect” adalah…
a. kemampuan kita untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain
b. dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik
c. sikap menghargai setiap individu yang menjadi sasaran pesan yang kita sampaikan
d. sikap rendah hati
e. kejelasan dari pesan
10. 1. Mengenali lawan bicara dengan baik
2. Terlalu banyak bicara dan kurang mendengar
3. Tidak merasa dan menampakkan bahwa kita kita lebih tau dari lawan bicara kita
4. Mampu menempatkan diri pada situasi dan kondisi yang dihadapi orang lain
5. Berbicara dan mendengar sesuai kebutuhan
Dari kelima pernyataan di atas manakah yang termasuk kiat-kiat sukses dalam berkomunikasi…
a. 1, 3, dan 5
b. 1, 2, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 1, 3, dan 4
e. 2, 4, dan 5
11. Dibawah ini yang merupakan salah satu tujuan dari penggunaan proses komunikasi kecuali…
a. Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik
b. Berhubungan dengan orang lain
c. Menyelesaian sebuah masalah
d. Memperlihatkan integritas pribadi
e. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orang lain
12. Untuk menjadi seorang komunikator yang handal dan pada gilirannya dapat membangun jaringan hubungan dengan orang lain yang penuh dengan penghargaan (respect), kita harus memiliki…
a. Perbendaharaan kata yang banyak
b. Integritas pribadi
c. 5 hukum komunikasi efektif
d. Keseimbangan antara berbicara dan mendengar
e. Keterbukaan dan dukungan
13. Berikut ini merupakan proses komunikasi efektif yang benar adalah…
a. Sender - message - receiver
b. Message - feedback - receiver
c. Receiver - message - sender
d. Media - receiver - feedback
e. Sender - message – media
14. Tatacara komunikasi santun dipengaruhi oleh….
a. Kesimpatikan kepada orang lain
b. Mengabaikan kepentingan sendiri
c. Kesesuaian pesan dengan kebutuhan
d. Antusiasme
e. Norma-norma budaya yang berlaku di masyarakat
15. Hubungan antara satu pihak dengan pihak lain, dimana pihak-pihak yang berkomunikasi mampu memahami perasaan / kondisi pihak lain tanpa terbawa untuk mengikuti kepentingan pihak lain dan mengabaikan kepentingan diri sendiri merupakan definisi dari…
a. Komunikasi santun
b. Komunikasi empati
c. Komunikasi simpatik
d. Komunikasi kelompok
e. Komunikasi publik
16. Perbedaan yang mendasar antara komunikasi empati dengan komunikasi simpati terletak pada…
a. Komunikasi empati pihak-pihak yang berkomunikasi mampu memahami perasaan,sedangkan komunikasi simpati tidak
b. Komunikasi empati berarti memahami perasaan / kondisi pihak lain, sedangkan komunikasi simpati ikut merasakan apa yang dirasakan pihak lain
c. Komunikasi empati bersifat obyektif sedangkan komunikasi simpati bersifat subyektif
d. Komunikasi empati mementingkan kepentingan diri sendiri sedangkan komunikasi simpati mengabaikan kepentingan diri sendiri
e. Komunikasi empati mengikuti kepentingan pihak lain sedangkan komunikasi simpati tidak mengikuti kepentingan pihak lain
17. Komunikasi yang membawa pesan resmi dari atasan ke bawahan atau sebaliknya,serta komunikasi diantara sesama ahli organisasi dalam hierarki yang sama adalah komunikasi pada komunitas profesi sendiri yang bersifat…
a. Eksternal
b. Internal
c. Subyektif
d. Formal
e. Nonformal
18. Yang bukan merupakan teknik komunikasi yang harus dimiliki dari seorang pemimpin adalah…
a. Mendengar aktif (active listening)
b. Menyusun arah/arus informasi
c. Saling memberi umpan balik
d. Linking dan networking
e. Mengkomunikasikan keinginan
19. Meningkatkan self awareness/kesadaran diri mencegah asumsi negatif terhadap perilaku seseorang serta untuk menjadi petunjuk dan motivasi dalam proses perubahan kearah yang lebih baik adalah fungsi dari…
a. Feedback
b. Asertif
c. Active listening
d. Linking
e. Networking
20. Perhatikan hal-hal berikut ini :
1. Memberi pujian pada rekan kerja atas apa yang telah mereka lakukan.
2. Mengakui keberadaan dan menghargai kerja keras rekan kerja.
3. Menyampaikan permintaan tolong dengan kesan memerintah.
4. Bersikap fleksibel
5. Sampaikan kritik sesuka hati
6. Takut mengakui kesalahan yang telah di buat.
Dari beberapa hal di atas yang merupakan aspak-aspek yang harus dimiliki dalam berkomunikasi dengan rekan kerja yaitu…
a. 1, 2, dan 3
b. 2, 3, dan 4
c. 1, 2, dan 4
d. 4, 5, dan 6
e. 2, 3, dan 5
Kunci jawaban :
1. C 11. D
2. B 12. C
3. E 13. A
4. E 14. E
5. C 15. B
6. D 16. C
7. A 17. D
8. B 18. E
9. C 19. A
10. A 20. C
1. Hal apa yang membedakan e-learning dengan pembelajaran konvesional adalah . . . . .
a. Pembelajaran konvesional mengandalkan guru sebagai sumber belajar utama dan pertama sedangkan e-learning sumber belajar melalui medium teknologi informasi dalam bentuk kemasan yang bervariasi.
b. Pembelajaran konvesional sumber belajar dari lingkungan sekitar, e-learning sumber belajar tanpa batas.
c. Pembelajaran konvesional sumber belajar guru adalah yang utama dan pertama, e-learning sumber belajar melalui medium tekonologi dengan kemasan monoton.
d. Pembelajaran konvesional dan e-learning sumber belajar sama lingkungan alam dan sosial.
e. Pembelajaran kionvensional sumber belajar melalui medim teknoologi informasi dan e-learning sumber belajar dari guru.
2. Secara nyata internet memang bisa digunakan dalam pembelajaran di sekolah karena memiliki karakteristik yang khas yaitu . . . . . .
a. Sebagai media interpersonal memiliki sifat interaktif dan memungkinkah terjadinya syncronous dan asynchronous.
b. Sebagai media interpersonal dan sebagai media massa yang memungkinkan terjadinya komunikasi many to many dan many to one.
c. Sebagai media interpersonal memiliki sifat interaktif dan komunikatif.
d. Sebagai media interpersonal memilliki sifat interaktif dan memungkinkan terjadinya komunikasi secara synchronous dan asynchronous.
e. Sebagai media interpersonal bersifat fleksibel dan luwes.
3. Sebagian bahan ajar, diskusi, konsultasi dan latihan disampaikan melalui internet, sedangkan ujian vdan sebagainya dilakukan secara tatap muka disebut pembelajaran . . . . .
a. Web course
b. Web centric course
c. Web enhanced course
d. Web centic enhanced course
e. Web course centric
4. Model pembelajaran yang yang merupakan langkah awal bagi institusi pendidikan yang akan menyelenggarakan pembelajaran berbasis teknologi informasi sebe;lum menyeelenggarakan pembelajaran dengan internet yang lebih kompleks adalah . . . .
a. Web course
b. Web centric course
c. Web enhanced course
d. Web centic enhanced course
e. Web course centric
5. Model penerapan e-learning dimana siswa dapat menggunakan sejumlah computer yang disediakan sekolah yang tersambung dengan jarinngan internet dan itu sebagai sumber belajar disebut . . . .
a. Dinamis model
b. Selective model
c. Sequential model
d. Statis station model
e. Laboratory model
6. Keunggulan dan kelemahan menggunakan web source tools secara tailor mode adalah . . . .
a. Biayanya murah tetapi agak sulit karena sifatnya yang terintegrasi.
b. Pengelolaan dan pengembangan mudah, lebih powerfull, dan sesuai dengan kebutuhan, tetapi biaya mahal.
c. Mudah pengelolaan dan pengembangan tetapi fasilitas kurang memadai.
d. Sifatnya relatif sangat fleksibel tetapi biaya mahal.
e. Biaya murah dan pengembangan yang mudah tetapi kurang fleksibel.
7. 1. Faktor lingkungan
2. Faktor siswa
3. Faktor fasilitas
4. Faktor teknologi
Dari keempat faktor diatas yang merjupakan faktor keberhasilan penggunaan media internet dalam pembelajaran adalah . . . .
a. 1. 2 ,dan 3
b. 1,3, dan 4
c. 2,3, dan 4
d. 1, 2, dan 4
e. Semua benar
8. Faktor lingkunkungan yang mempengaruhi internet dalam pembelajaran kecuali . . .
a. Institusi pendidikan
b. Keluarga
c. Masyarakat
d. Institusi pendidikan dan masyarakat
e. Jawaban a, c, dan d benar
9. Faktor teknologi yang mempengaruhi pengemmbangan internet dalam pembelajaran adalah kecuali . . . .
a. Koneksi internet
b. Komputer
c. Software
d. Jaringan
e. Brain ware
10. Model jaringan yang secara jelas memisahkan antara computer pemberi layanan dengan computer penerima layana disebut mmodel . . . .
a. Model local
b. Model client
c. Model server
d. Model local server
e. Model client server
11. 1. Model web course
2. Model web combine course
3. Model web centric course
4. Model web enhaced course
Yang merupakan model pengembangan sistem pembelajaran dengan internet adalah . . .
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3 dan 4
c. 2, 3 dan 4
d. 2 dan 3
e. Semua benar
12. Pelaksanaan dan pengelolaan pembelajaran untuk memperoleh pemahaman tentang strategi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru/guru, cara mengajar dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru/guru dalam pembelajaran, serta minat, sikap dan cara/kebiasaan belajar siswa disebut . . . .
a. Evaluasi
b. Evaluasi hasil
c. Evaluasi proses
d. Assesmen
e. Penilaian
13. Yang bukan merupakan tahapan evaluasiproses adalah . . . .
a. penentuan tujuan
b. menentukan desain evaluasi
c. pengembangan instrumen evaluasi
d. pengumpulan informasi/data
e. penentuan hasil evaluasi
14. Suatu kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan suatu tolak ukur untuk memperoleh suatu kesimpulan disebut . . . .
a. Evaluasi
b. Evaluasi hasil
c. Evaluasi proses
d. Assesmen
e. Peniliaian
15. Menelaah suatu objek atau keadaan untuk mendapatkan informasi yang tepat sebagai dasar untuk pengambilan keputusan merupakan salah satu dari . . . . .
a. Fungsi evaluasi
b. Prinsip evaluasi
c. Pengertian evaluasi
d. Manfaat evaluasi
e. Landasan evaluasi
16. Yang bukan merupan jenis evaluasi berdasarkan tujuan adalah . . . .
a. Evaluasi diagnostik
b. Evaluasi selektif
c. Evaluasi penempatan
d. Evaluasi formatif
e. Evaluasi kuratif
17. Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan disebut . . . .
a. Evaluasi hasil
b. Evaluasi proses
c. Evaluasi formatif
d. Evaluasi selektif
e. Evaluasi diagnotik
18. Jenis evaluasi berdasarkan obyeknya kecuali . . . . .
a. Evaluasi input
b. Evaluasi tnsformasi
c. Evaluasi output
d. Evaluasi outcome
e. Jawaban 1 dan 2 benar
19. e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal, yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahan ajar, interaksi, dan/atau fasilitasi merupakan pendapat dari . . . .
a. piaget
b. Pavlov
c. Bruner
d. Sudjana
e. Victoria L. Tinio
20. Yang merupakan fungsi TIK dalah kecuali . . . . .
a. Capture
b. Processing
c. Storage
d. Combine
e. Transmition
KUNCI JAWABAN
1. A
2. D
3. B
4. C
5. E
6. B
7. D
8. B
9. E
10. E
11. B
12. C
13. E
14. A
15. A
16. E
17. A
18. D
19. E
20. D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar