RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KETRAMPILAN BERTANYA
BAHASA INDONESIA
KELAS 1 SEMESTER 2
Disusun oleh :
Ferawati L  K7108039
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah  : SD  Negeri 16 Surakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IB / 2
Tema  : Budi Pekerti
Alokasi waktu : 2 x 30 menit (2 pertemuan)
A. Standar Kompetensi
 Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng.
B. Kompetensi Dasar
 Menyebutkan isi dongeng.
C. Indikator
 Mampu menjawab pertanyaan tentang dongeng yang diperdengarkan.
 Mampu melengkapi kalimat sesuai dengan dongeng.
 Mampu menceritakan kembali.
D. Tujuan Pembelajaran
 Siswa mampu mendengarkan cerita dongeng dengan baik dengan metode mendengarkan cerita oleh guru dan metode gambar.
 Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengan lancar melalui metode tanya jawab setelah guru menceritakan sebuah dongeng.
 Siswa mampu melengkapi kalimat sesuai dengan isi dongeng yang telah diceritakan oleh guru.
 Siswa mampu menceritakan kembali isi dari dongeng yang diceritakan oleh guru  dengan baik.
E. Materi Pembelajaran
 Bina Bahasa Indonesia SD Jilid 1B terbitan Erlangga halaman 52-53.
F. Metode Pembelajaran Dan Media Pembelajaran
 Mendongeng
 Ceramah
 Tanya Jawab
 Bercerita
 Gambar
 Audio
 Audio Visual
G. Langkah – Langkah Pembelajaran
No Kegiatan Ranah Metode Waktu
1 Kegiatan Awal   
  Apersepsi, motivasi, dan konfirmasi awal.
 Siswa diajak menyanyikan lagu anak-anak, missal “Naik Delman”.
 Presensi kehadiran dan perkenalan singkat. Psikomotor
Afektif
  5’
2 Kegiatan Inti   
  Guru memberikan pengantar awal mengenai hewan “Katak”.
 Siswa diajak mendengarkan cerita dongeng yang diceritakan oleh guru.
 Siswa dimotivasi dengan pertanyaan yang diberikan oleh guru tentang dongeng yang telah diceritakan oleh guru.
 Siswa diajak melengkapi kalimat sesuai dengan isi dongeng yang telah diceritakan oleh guru.
 Siswa diajak untuk menceritakan kembali isi dari dongeng yang telah diceritakan oleh guru. Kognitif
Kognitif
Afektif
Kognitif
Kognitif
Kognitif Ceramah
Mendongeng
Tanya Jawab
Demonstrasi
Bercerita 5’
10’
10’
10’
10’
3 Kegiatan Akhir   
  Evaluasi hasil pembelajaran, siswa diajak mengerjakan soal.
 Penarikan kesimpulan hasil pembelajaran hari ini.
 Penutup. Kognitif Tanya Jawab 10’
H. Sumber Pembelajarana :
 Bina Bahasa Indonesia SD Jilid 1B terbitan Erlangga
 Internet
I. Penilaian
 Teknik  : Tes tertulis
 Bentuk Instrume : Tes pilihan ganda
 Soal instrument : 10 soal
J. Daftar Pertanyaan
 Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat!
1. Di manakah katak lahir?
Jawab: Di dalam tempayan
2. Di manakah katak tinggal?
Jawab: Di dalam tempayan
3. Denga siapa katak tinggal di dalam tempayan?
Jawab: Dengan nyamuk
4. Apakah katak pernah pergi keluar tempayan?
Jawab: Belum pernah
5. Kenapa lalat masuk ke dalam tempayan?
Jawab: Karena merasa kehausan
6. Karena katak merasa lebih kuat, katak mengusir lalat yang masuk ke dalam tempyan. Apakah yang dikatakan lalat?
Jawab: “Di luar, ada binatang lain yang lebih kuat”.
7. Bagaimanakah keadaan di luar tempayan setelah katak keluar dari tempayan?
Jawab: Pemandangan di luar sangat indah
8. Hewan apa yang dilihat katak ketika di luar?
Jawab: Kerbau
9. Kenapa katak tidak laginkuat membesarkan tubuhnya?
Jawa: Karena kehabisan tenaga
10. Setelah katak terjatuh apa yang dilakukannya kepada kerbau?
Jawab: Meminta maaf
 Melengkapi kalimat ini sesuai dengan cerita dongeng!
Katak tinggal di tempayan.
Ia tinggal bersama nyamuk-nyamuk.
Suatu hari lalat masuk ke dalam tempayan.
Katak melihat lalat.
Lalat berkata di luar ada binatang lebih kuat.
Katak pun ke luar dari tempayan.
Katak terkejut karena pemandangan di luar sangat indah.
Tiba-tiba, katak melihat benda amat besar.
Katak menantang kerbau.
Katak berusaha membesarkan tubuhnya.
Katak tidak kuat.
Akhirnya, katak kehabisan tenaga.
K. Skor penilaian
Skor = jumlah jawaban benar x 10
L. Lampiran Materi Dongeng
KATAK DALAM TEMPAYAN
Seekor katak lahir dalam tempayan
Setiap hari ia tinggal di tempayan
Ia tinggal di tempayan bersama nyamuk-nyamuk
Katak belum pernah pergi keluar tempayan
Jadi ia belum pernah melihat binatang lain
Ia hanya mengenal nyamuk. Ia pun merasa terkuat di antara nyamuk-nyamuk 
Pada suatu hari lalat merasa haus
Ia masuk kedalam tempayan 
Katak melihat lalat ia mengusir lalat 
Lalat pun pergi dari tempayan 
Lalat berkata, diluar ada binatang lain yang lebih kuat 
Katak ingin membuktikan perkataan lalat 
Ia pun keluar dari tempayan sesampai di luar katak terkejut 
Pemandangan diluar sangat indah katak melompat kesana kemari 
tiba- tiba ia melihat benda amat besar 
Katak berkata : hai, siapakamu?
Aku kerbau 
Siapa kamu ?
Katak menjawab dengan sombong 
Aku adalah raja katak. Badanku bisa lebih besar dari kamu 
Kerbau berata, "Jangan sombong, binatang kecil."
Katak menjawab dengan sombong
"Aku akan membuktikannya."
Katak pun berusaha mmebesarkan tubuhnya
Akan tetapi, ia tidak kuat melakukannya
Akhirnya, ia kehabisan tenaga
Katak pun terjatuh,
Ia minta maaf kepada kerbau
Ia berjanji tidak akan sombong lagi 
 Mengetahui, 
Kepala SD Negeri 16 Surakarta,   Simulator,
 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   Ferawati Listianingsih 
NIP . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    NIM K7108039
Tidak ada komentar:
Posting Komentar