Mencerna apa yang dimakan, menyaring menjadikannya nutrisi, nutrisi kehidupan^^v

Bismillah...proses belajar yang terus-menerus, seharusnya menjadikan diri semakin produktif, insya Alloh...

Kamis, 09 Juni 2011

REAL TEACHING IN SDN 16 SURAKARTA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KETRAMPILAN BERTANYA
BAHASA INDONESIA
KELAS 1 SEMESTER 2











Disusun oleh :
Ferawati L K7108039




PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah : SD Negeri 16 Surakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IB / 2
Tema : Budi Pekerti
Alokasi waktu : 2 x 30 menit (2 pertemuan)


A. Standar Kompetensi
 Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng.

B. Kompetensi Dasar
 Menyebutkan isi dongeng.

C. Indikator
 Mampu menjawab pertanyaan tentang dongeng yang diperdengarkan.
 Mampu melengkapi kalimat sesuai dengan dongeng.
 Mampu menceritakan kembali.

D. Tujuan Pembelajaran
 Siswa mampu mendengarkan cerita dongeng dengan baik dengan metode mendengarkan cerita oleh guru dan metode gambar.
 Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengan lancar melalui metode tanya jawab setelah guru menceritakan sebuah dongeng.
 Siswa mampu melengkapi kalimat sesuai dengan isi dongeng yang telah diceritakan oleh guru.
 Siswa mampu menceritakan kembali isi dari dongeng yang diceritakan oleh guru dengan baik.

E. Materi Pembelajaran
 Bina Bahasa Indonesia SD Jilid 1B terbitan Erlangga halaman 52-53.

F. Metode Pembelajaran Dan Media Pembelajaran

 Mendongeng
 Ceramah
 Tanya Jawab
 Bercerita
 Gambar
 Audio
 Audio Visual



G. Langkah – Langkah Pembelajaran
No Kegiatan Ranah Metode Waktu
1 Kegiatan Awal
 Apersepsi, motivasi, dan konfirmasi awal.
 Siswa diajak menyanyikan lagu anak-anak, missal “Naik Delman”.
 Presensi kehadiran dan perkenalan singkat. Psikomotor

Afektif
5’
2 Kegiatan Inti
 Guru memberikan pengantar awal mengenai hewan “Katak”.
 Siswa diajak mendengarkan cerita dongeng yang diceritakan oleh guru.
 Siswa dimotivasi dengan pertanyaan yang diberikan oleh guru tentang dongeng yang telah diceritakan oleh guru.
 Siswa diajak melengkapi kalimat sesuai dengan isi dongeng yang telah diceritakan oleh guru.
 Siswa diajak untuk menceritakan kembali isi dari dongeng yang telah diceritakan oleh guru. Kognitif

Kognitif
Afektif

Kognitif



Kognitif



Kognitif Ceramah

Mendongeng


Tanya Jawab



Demonstrasi



Bercerita 5’

10’


10’



10’



10’

3 Kegiatan Akhir
 Evaluasi hasil pembelajaran, siswa diajak mengerjakan soal.
 Penarikan kesimpulan hasil pembelajaran hari ini.
 Penutup. Kognitif Tanya Jawab 10’

H. Sumber Pembelajarana :
 Bina Bahasa Indonesia SD Jilid 1B terbitan Erlangga
 Internet
I. Penilaian
 Teknik : Tes tertulis
 Bentuk Instrume : Tes pilihan ganda
 Soal instrument : 10 soal

J. Daftar Pertanyaan
 Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat!
1. Di manakah katak lahir?
Jawab: Di dalam tempayan
2. Di manakah katak tinggal?
Jawab: Di dalam tempayan
3. Denga siapa katak tinggal di dalam tempayan?
Jawab: Dengan nyamuk
4. Apakah katak pernah pergi keluar tempayan?
Jawab: Belum pernah
5. Kenapa lalat masuk ke dalam tempayan?
Jawab: Karena merasa kehausan
6. Karena katak merasa lebih kuat, katak mengusir lalat yang masuk ke dalam tempyan. Apakah yang dikatakan lalat?
Jawab: “Di luar, ada binatang lain yang lebih kuat”.
7. Bagaimanakah keadaan di luar tempayan setelah katak keluar dari tempayan?
Jawab: Pemandangan di luar sangat indah
8. Hewan apa yang dilihat katak ketika di luar?
Jawab: Kerbau
9. Kenapa katak tidak laginkuat membesarkan tubuhnya?
Jawa: Karena kehabisan tenaga
10. Setelah katak terjatuh apa yang dilakukannya kepada kerbau?
Jawab: Meminta maaf

 Melengkapi kalimat ini sesuai dengan cerita dongeng!
Katak tinggal di tempayan.
Ia tinggal bersama nyamuk-nyamuk.
Suatu hari lalat masuk ke dalam tempayan.
Katak melihat lalat.
Lalat berkata di luar ada binatang lebih kuat.
Katak pun ke luar dari tempayan.
Katak terkejut karena pemandangan di luar sangat indah.
Tiba-tiba, katak melihat benda amat besar.
Katak menantang kerbau.
Katak berusaha membesarkan tubuhnya.
Katak tidak kuat.
Akhirnya, katak kehabisan tenaga.


K. Skor penilaian
Skor = jumlah jawaban benar x 10


L. Lampiran Materi Dongeng

KATAK DALAM TEMPAYAN
Seekor katak lahir dalam tempayan
Setiap hari ia tinggal di tempayan
Ia tinggal di tempayan bersama nyamuk-nyamuk
Katak belum pernah pergi keluar tempayan
Jadi ia belum pernah melihat binatang lain
Ia hanya mengenal nyamuk. Ia pun merasa terkuat di antara nyamuk-nyamuk
Pada suatu hari lalat merasa haus
Ia masuk kedalam tempayan
Katak melihat lalat ia mengusir lalat
Lalat pun pergi dari tempayan
Lalat berkata, diluar ada binatang lain yang lebih kuat
Katak ingin membuktikan perkataan lalat
Ia pun keluar dari tempayan sesampai di luar katak terkejut
Pemandangan diluar sangat indah katak melompat kesana kemari
tiba- tiba ia melihat benda amat besar
Katak berkata : hai, siapakamu?
Aku kerbau
Siapa kamu ?
Katak menjawab dengan sombong
Aku adalah raja katak. Badanku bisa lebih besar dari kamu
Kerbau berata, "Jangan sombong, binatang kecil."
Katak menjawab dengan sombong
"Aku akan membuktikannya."
Katak pun berusaha mmebesarkan tubuhnya
Akan tetapi, ia tidak kuat melakukannya
Akhirnya, ia kehabisan tenaga
Katak pun terjatuh,
Ia minta maaf kepada kerbau
Ia berjanji tidak akan sombong lagi






Mengetahui,
Kepala SD Negeri 16 Surakarta, Simulator,



. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Ferawati Listianingsih
NIP . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . NIM K7108039

Tidak ada komentar: