Mencerna apa yang dimakan, menyaring menjadikannya nutrisi, nutrisi kehidupan^^v

Bismillah...proses belajar yang terus-menerus, seharusnya menjadikan diri semakin produktif, insya Alloh...

Jumat, 30 April 2010

TANYA USTADZ -- POLING KOMUNIKASI APRIL AKHIR--

Pertanyaan : bagaimana cara remaja sekarang untuk berta’aruf?

Jawaban:
Ustadzah Tasnim (Dosen Stain dan Pengajar Fikih Wanita Ponpes Muttaqien)

Ta’aruf secara bahasa artinya mengenal. Tujuan dari ta’aruf adalah untuk mengenal dan mengetahui, apakah kira-kira seseorang itu memiliki kepribadian, kecenderungan, mainset yang sesuai dengan diri kita.
Cara berta’aruf :
1. Melalui sahabat atau orang terdekat yang mengenal orang tersebut
2. Istikharoh ( untuk menentukan apakah dia yang terbaik atau bukan)
Selanjutnya yang menjadi permasalahan, bagaimana kalau berta’aruf itu melalui sms atau telephone? Boleh kah semancam itu?
Perlu diketahui bahwa ta’aruf itu ada kaidah dan batasan-batasannya. Batasan disini tentunya harus sesuai dengan syariat. Contoh: tidak boleh berkhalwat (berdua-duaan), tidak boleh menggunakan kata-kata yang memancing nafsu, menjaga pandangan. Dari sini dapat diketahui bahwa taaruf berbeda dengan pacaran. Kalau seseorang ingin mengenal melalui sms,dalam hal ini perlu ada batasanya jangan sampai berlebiahan seperti yang telah diutaran diatas.Perlu diingat bahwasanya seriing SMSan akaan banyak sekali madhorot yang akan timbul dengan tidak kita sadari secara langsung,dengan sering SMSan seperti “ dah sholat belum?”, sebenarnya lkalau kita lihat secara sekilas sms seperti itu masih dalam batas wajar tapi hal tersebut apa bila di lakukan secara terus menerus akan berdampak yang negative pada diri kita.Kalau kita lihat dari segi bahasanya arti dari ta’aruf sendiri adalah mengenal jadi apabila kita sudah mengenal dan merasa cocok serta yakin ngapain kita tunggu lama-lama?, langssung saja melangkah.
Ada sebuah kasus, mahaiswa aktivis kampus antar pria dan wanita mereka saling cocok dan sudah berta’aruf tapi diantara mereka belum ada persiapan untuk melangkah kejenjang selanjutnya,akhirnya mereka berkomitmen untuk melanjutkan kuliah dulu setelah itu baru melangkah kejenjang pernikahan saat lulus nanti.Dan pada saat kurun waktu yang sudah ditentukan mereka selalu berkomunikasi

Tidak ada komentar: