Mencerna apa yang dimakan, menyaring menjadikannya nutrisi, nutrisi kehidupan^^v

Bismillah...proses belajar yang terus-menerus, seharusnya menjadikan diri semakin produktif, insya Alloh...

Rabu, 29 September 2010

SILABUS

SILABUS 1
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : I
SEMESTER : 1 (Gasal)
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengekspresikan karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar






















Bintik, garis, dan bidang 1. siswa menyanyikan lagu ‘ hujan rintik-rintik’
2. menggambar rintik-rintik hujan di bawah mega.
3. menyanyi lagu bintang kecil
4. menggambar bintang
5. menyambung bintik-bintik menjadi garis lurus.
6. menyambung bintik-bintik menjadi garis lengkung
7. menyambung bintik-bintik menjadi huruf, gambar.
8. menggabungkan titik-titik menjadi bidang. 1. Siswa dapat mengelompokkan berbagai jenis: bintik, garis, bidang, warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar
Praktek 5 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1 hal….
1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar
Benda di sekitarku, benda yang indah, 1. mengemukakan pendapat tentang rumah dengan kebun yang luas, dan pohon-pohon yang banyak.
2. mengemukakan pendapat tentang benda-benda di sekitar anak.
3. membaca bacaan kebun yang luas.
4. mengemukakan pendapat tentang keindahan.
5. memilih benda-benda di sekitar yang menurut siswa indah. Kemudian mengekspresikan lewat tulisan. 1. Siswa dapat mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dariberbagai unsure rupa pada benda di alam sekitar.








Praktek 3 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1 hal….












Benda-benda yang menurut siswa indah 1. memilih benda-benda yang indah menurut siswa.
2. memperindah gambar benda dengan menambah gambar agar tampak lebih menarik.
2. siswa dapat menghargai unsure rupa pada benda di alam sekitar
Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1 hal….


SILABUS 2
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : I
SEMESTER : 1 (Gasal)
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif Gambar ekspresif 1. mengamati gambar Ino yang sedang menggambar.
2. menggambar ayam jantang.
3. menggambar ayam betina.
4. menggambar rumput.
5. menggambar anak perempuan.
6. menggambar anak laki-laki.
7. menggambar pohon.
8. membuat gambar dengan bantuan titik-titik. 1. siwa dapat membuat gambar ekspresi berbagai objek imajinatif melalui unsure-unsur rupa dari alam sekitar.
Praktek 3 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1







Gambar ekspresif berbagai tema 1. menggambungkan berbagai gambar tunggal menjadi sebuah gambar yang bertema tertentu
1. Siswa dapat membuat gambar ekspresi berbagai tema imajinatif dengan unsure rupa.
Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1
2.2 Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek Kolase dan bahan-bahannya 1. mengamati kolase dan memahami makna kolase.
2. mengamati bahan-bahan kolase.
1. membuat kolase dengan gagasan yang dikembangkan dari berbagai objek dan bahan di alam sekitar.
Praktek 3 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1
Kartu ucapan kolase 1. mempelajari kolase dari bahan plastik, logam, kayu, dan bahan lainnya.
2. membuat kartu ucapan kolase dari bahan bekas. 1. membuat kolase dengan gagasan yang dikembangkan dari berbagai objek di alam sekitar menggunakan bahan daur ulang.
Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1



















SILABUS 3
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : I
SEMESTER : 2 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI : 7. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
7.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar Warna, alat-alat menggambar. 1. Mengenal warna pelangi dan warna-warna yang lainnya.
2. menyebutkan bahan atau zat pewarna.
3. menyebutkan warna benda disekitar.
4. menemukan warna baru dari gabungan dua warna.
5. mewarnai gambar benda-benda. 1. menyebutkan bahan / zat pewarna.
Praktek 3 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1
Bintik, garis, bidang, warna, dan bentuk 1. megabungkan titik-titik menjadi sebuah gambar.
2. menjojohkan gambar jadi dan gambar buatan sendiri.
3. menebalkan gambar yang berbentuk bidang segi empat, segi tiga, lingkaran, setengah lingkaran, elipse. 1. Siswa dapat mengelompokkan berbagai jenis dan ukuran: bintik, garis, bidang, warna, dan bentuk pada hasil karya seni rupa dua dan tiga dimensi.
2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1
7.2 Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam Gambar yang indah menurut siswa 1. mengamati gambar Ino.
2. mengemukakan pendapat tentang gambar Ino.
3. membuat gambar wajah siswa sendiri.
4. mengemukakan gambar wajahnya sendiri.
5. mengemukakan perasaan senang, bangga, kurang puas dengan memberi tanda v pada kolom.
1. siswa dapat mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure rupa pada karya seni buatan sendiri dan orang lain.
Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1
Karya seni yang indah.










1. menentukan benda yang indah menurut siwa sendiri.
2. memilih benda-benda yang menurut siswa indah dan menyebutkan alasannya mengapa memilih itu. 1. siswa dapat memilih keindahan unsure-unsur supa dari karya seni rupa buatan sendiri dan orang lain.
2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1
Sikap apresiatif terhadap benda di alam sekitar 1. memilih gambar hewan yang siswa sukai dan menyebutkan alasan.
2. memilih gambar tumbuhan yang siswa sukai dan menyebutkan alasan.
3. memilih gambar angkutan yang siswa sukai dan menyebutkan alasan.
4. menulis alasan mengapa suka benda yang dia sukai. 1. siswa dapat menyatakan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada benda di alam sekitar.
Observasi 1 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1



















SILABUS 4
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : I
SEMESTER : 2 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI : 8. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
8.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif
Gambar cetak ekspresi 1. membaca bacaan tentang ino yang sedang membuat gambar cetak.
2. mengamati beberapa gambar cetak 1. Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekspresi dengan berbagai motif imajinatif.
Observasi 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1
membuat gambar cetak 1. mempelajari langkah-langkah membuat gambar cetak.
2. membuat gambar cetak dengan bahan balimbing dan zat perwarna
3. membuat pola sesuai dengan keinginan siswa. 2. Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekspresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1
membuat gambar cetak dengan bahan campuran 1. mengamati gambar cetak campuran.
2. membuat gambar cetak dengan bahan campuran. 3. Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekspresi dengan berbagai tema. Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1
8.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel
Membuat kolase 1. siswa menyiapkan bahan dan alat untuk membuat kolase jerapah.
2. siswa membuat kolase jerapah.
1. membuat kolase jerapah.
Praktek 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls 1






























SILABUS 1
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : II
SEMESTER : 1 (Gasal)
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Mengenai unsure rupa pada karya seni rupa.
Unsure rupa, bintik, garis, garis lurus, garis lengkung 1. membaca cerita tentang bintik.
2. mengenal bintik dalam gambar pantai, bintang di tengah malam, bintik pada tubuh macan tutul.
3. membaca cerita tentang garis.
4. mengenal bahwa garis terjadi dari gabungan bintik-bintik.
5. membuat garis lurus dan lengkung.
6. membuat garis yang hilang pada gambar pemandangan laut.
7. mengurutkan beberapa bintik untuk menemukan gambar binatang dalam hutan. 1. mengelompokkan berbagai ukuran: bintik, garis, bidang, warna, dan bentuk pada benda dua dimensi dan tiga dimensi di alam sekitar.


Lesan, Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls II hal….
Bidang 1. mengenal bidang
2. menggabungkan dua garis atau lebih untuk membuat bidang.
3. mencari berbagai bidang yang ada di dalam gambar.
4. mencari contoh benda yang bentuknya seperti bidang tertentu seperti segi tiga, persegi, persegi panjang, jajaran genjang, lingkaran, dll. 2. mengelompokkan berbagai jenis bidang, tekstur dan bentuk, ritme, keseimbangan dan kesatuan. Lesan, Praktek 2 X 35 menit

















bentuk 1. mengenal bentuk.
2. mencari benda yang bentuknya seperti bola, kubus, balok, silinder, kerucut, dll.
3. mencari bentuk-bentuk tertentu di lingkungan sekolah.
4. membuat gambar dengan bentuk-bentuk tertentu. 3. mengelompokkan berbagai jenis dan sifat: bidang, tekstur dan bentuk, ritme, keseimbangan dan kesatuan.
Lesan, praktek. 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls II hal….
1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
Sikap apresiatif 1. mengemukakan pendapat tentang hasil karya seseorang.
2. menambah binti-bintik untuk menghias gambar.
3. mencari gambar yang sudah tidak terpakai kemudian merawatnya kembali dengan cara membersihkan.
4. mengemukakan pendapat tentang gambar untuk menunjukkan ungkapan apresiasi. 1. menunjukkan sikap apresiasi pada karya seni rupa.
Lesan, praktek. 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls II hal….




















SILABUS 2

SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : II
SEMESTER : 1 (gasal)
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
2.1 Mengekspresikan diri melalui gabar ekspresif

Gambar ekspresi, objek alam, objek anusia, objek binatang, tanaman, bangunan. 1. mengamati gambar objek alam yang menarik.
2. menentukan warna dan tekstur dalam gambar.
3. menggambar bentuk dasarmanusia.
4. menggambar bentuk dasar binatang.
5. menggambar bentuk dasar tanaman.
6. menggabar bentuk dasar bangunan. 1. mengungkapkan perasaan ketertarikan pada objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur rupa pada benda di alam sekitar.
2. memilih objek benda alam yang menarik. Lesan, praktek. 5 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..
2.2 mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal. Gambar cetak tunggal 1. mengamati gambar cetak pada sampul buku, majalah, surat kabar.
2. menyebutkan barang-barang di kelas yang dibuat dengan cara cetak.
3. mencetak dengan tangan dan kaki.
4. membuat gambar cetak ikan pelangi.
5. membuat gambar cetak kepiting. 1. membuat karya gambar cetak ekspresi denganberbagai motif imajinatif.
2. membuat karya gambar cetakekspresi dengan berbagai tema. Praktek 5 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..


































SILABUS 3

SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : II
SEMESTER : 2 (genap)
STANDAR KOMPETENSI : 8. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
8.1 mengidentifikasi unsure rupapada karya seni rupa. Unsure rupa 1. mempelajari makna tekstur.
2. meraba benda yang bertekstur halus.
3. meraba benda yang bertekstur kasar.
4. mencari benda-benda bertekstur kasar yang ada di sekolah.
5. mencari benda-benda bertekstur halus yang ada di sekolah.
6. menentukan benda yang bertekstur halus dan yang bertekstur kasar. 1. menyebutkan tekstur sebuah benda.
Lesan, praktek. 4 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..
Warna pelangi, warna dasar. 1. menyebutkan tujuh warna pelangi.
2. menyebutkan warna dasar (warna yang tidak bias dibuat dengan mencampur warna lain)
3. mencari benda yang memiliki warna yang telah ditentukan.
4. mewarnai gambar benda di alam sekitar. 2. menyebutkan warna-warna benda di alam sekitar.
Praktek 3 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..
8.2. menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa tiga dimensi. Sikap apresiatif 1. memilih sebuah karya seni.
2. mewarnai gambar dengan menggunakan krayon.
3. menentukan kapan dan di mana siswa menggunakan benda karya seni yang sudah ditentukan oleh guru. 1. menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa tiga dimensi.
Lesan, praktek. 3 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..
























SILABUS 4

SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : II
SEMESTER : 2 (genap)
STANDAR KOMPETENSI : 9. Mengekspresikan diri melalui seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
9.1 mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi. Gambar ekspresi. 1. mengamati gambar kubisme karya Paul Klee.
2. menemukan berbagai bidang dalam gambar kubisme.
3. membuat gambar ekspresi (kubisme) dengan objek manusia.
1. membuat gambar ekspresi berbagai objek imajinatif melalui unsure rupa dan perpaduannya dari alam sekitar.
Lesan, praktek. 4 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..
1. membuat gambar ekspresi dengan tema malam berbintang.
2. menata benda-benda bekas dalam kotak hias untuk membuat karya seni rupa. 2. membuat gambar ekspresi berbagai tema imajinatif dengan unsure-unsur rupa dan perpaduannya.
Praktek 2 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..
9.2 menggunakan klise cetak timbul.
9.3 mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul. Cetak timbul 1. mengenal bahan-bahan alam yang dapat digunakan untuk mencetak.
2. menyiapkan bahan-bahan dan alat untuk mencetak.
3. membuat gambar cetak dari bahan kentang dengan objek burung-burung yang bertengger di ranting pohon. 1. membuat karya gambar cetak ekspresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
Lesan, praktek. 4 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..






















SILABUS 1
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : III
SEMESTER : 1 (Gasal)
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Menjelaskan symbol dalam karya seni rupa dua dimensi
Pola, pola dalam seni 9. mengenal arti pola.
10. mengamati pola ciptaan Tuhan dan pola ciptaan manusia.
11. mencari pola ciptaan Tuhan dan manusia.
12. mengamati ragam hias kain daari daerah nusantara.
13. menemukan pola bentuk, bidang, tumbuhan, hewan. 1. Mengelompokkan berbagai jenis simbul dari ragam hias pada karya seni rupa di lingkungan sekitar.
2. mengelompokkan berbagai jenis perpaduan symbol rupa berdasarkan unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.
Lesan, Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III hal….
Symbol yang ada di sekitar kita. 1. mengenal arti symbol.
2. menyebutkan arti symbol pada symbol lalu lintas dan symbol yang lain.
3. membuat symbol seendiri dan memberi makna. 1. menjelaskan makna perpaduan berbagai symbol unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.
2. membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai makna symbol karya seni rupa.
3. menyampaikan secara lesan tentang cerminan perasaannya atas berbagai makna symbol pada karya seni rupa. Lesan, praktek. 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III hal….


























Symbol warna 5. mengenal warna.
6. mengenal makna symbol warna.
7. memberi makna pada symbol warna.
8. membuat tulisan perasaan terhadap warna yang dilihatnya.
9. menyampaikan perasaannya terhadap berbagai symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa. 2. menjelaskan berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi di lingkungan sekitar.
3. membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai jenis simbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
4. menyampaikan secara lisan tentang perasaannya terhadap berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa. Lesan, praktek. 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III hal….
1.2 menunjukkan sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa dua dimensi
Sikap apresiatif, makna symbol. 6. menjawab pertanyaan dari guru tentang symbol.
7. menulis respon pada saat melihat symbol yang ada di sekitar siswa.
8. membaca tulisan respon di depan kelas.
1. siswa dapat menunjukkan sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa dua dimensi.
Lesan, praktek. 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III hal….
1. menyebutkan makna symbol yang tersedia.
2. memberi makna symbol yang siswa ketahui. 1. siswa dapat menyebutkan makna symbol.
lesan 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III hal….





















SILABUS 2
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : III
SEMESTER : 1 (Gasal)
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
2.3 Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri Gambar imajinatif 9. menggambar wajah siswa sendiri.
10. membandingkan gambar wajah sendiri dengan wajah yang sebenarnya.
11. mewarnai gambar wajah sendiri.
12. membandingkan gambar wajah sendiri dengan foto yang sudah jadi. 1. membuat gambar imajinatif mengenai diri sendiri.
2. mewarnai gambar wajahnya sendiri. Praktek 5 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III
2.4 Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat.
Gambar dekoratif 1. membuat pola untuk membuat gambar dekoratif.
2. menjiplak pola buatan sendiri pada kertas gambar.
3. mewarnai pola hias buatan sendiri.
4. mencari motif hias daerah sendiri / di Indonesia yang diperoleh dari jarit, kain, selendang, dll. 1. membuat pola untuk membuat gambar dekoratif.
2. membuat gambar dekoratif dari pola buatan sendiri.
3. membuat gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat. Praktek 5 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III

SILABUS 3
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : III
SEMESTER : 2 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI : 8. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
8.1 Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
Symbol, makna symbol, ragam hias. 6. mempelajari makna sebuah warna.
7. mengungkapkan perasaan saat melihat karya seni yang berwarna-warni.
8. membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai symbol warna.
9. mengungkapkan secara lisan tentang perasaannya terhadap makan symbol warna dan ragam hias.
10. menyebutkan warna-warna yang sering dipakai dalam pakaian adat di lingkungan siswa.
11. mengamati penggunaan warna pada selendang dari minangkabau. Selimut / mantel dari Sumba. 1. Menjelaskan berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi di lingkungan sekitar.
2. membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai jenis symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
3. menyampaikan secara lisan tentang perasaannya terhadap berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
Lisan, Praktek 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III
Pola ragam hias 4. mengamati berbagai pola ragam hias.
5. membuat pola dasar.
6. menggabungkan beberapa pola dasar menjadi pola baru. 1. Membuat gambar pola ragam hias.
praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III




















Gambar dekoratif 1. membuat gambar dekoratif.
2. menempelkan gambar dekoratif pada benda hias.
3. membuat tempat pensil.
4. membuat pembatas buku.
5. membuat kartu ucapan. 1. membuat komposisi warna dari berbagai perpaduan symbol warna pada pola ragam hias.
2. membuat gambar dekoratif dari berbagai pola ragam hias yang dikembangkan dari symbol warna dan ragam hias berdasarkan unsure rupa dan prosedur perpaduannya. Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III
8.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa tiga dimensi.
Sikap apresiatif 3. mengamati beberapa symbol.
4. menulis tindakan siswa ketika melihat symbol tertentu.
5. menyebutkan makna beberrapa symbol yang telah tersedia.
6. menggambar symbol-simbol yang siswa ketahui.
7. menulis makna symbol. 1. menunjukkan sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa tiga dimensi.
Observasi, lesan. 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III


























SILABUS 4
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : III
SEMESTER : 2 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI : 9. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
9.1. Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam semesta.

Gambar imajinatif 3. mengamati gambar benda-benda alam.
4. menggabungkan gambar-gambar alam menjadi gambar pemandangan alam.
5. menggambar benda buatan manusia dari bahan ciptaan Tuhan.
6. membuat gambar imajinatif mengenai alam semesta. 1. membuat gambar imajinatif mengenai alam sekitar.
Observasi, praktek. 5 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III
9.2. Memberi hiasan atau warna pada benda tiga dimensi Warna, benda tiga dimensi. 1. membawa benda tiga dimensi yang sudah tidak terawat dan warnanya sudah pudar serta tidak terpakai.
2. mengecat kembali benda-benda yang tidak terpakai.
3. mencari kendi bekas atau alas sambal / cowek (bhs. Jawa) dari tanah liat bekas.
4. menghias kendi atau alas sambal / cowek dengan perca, kertas, atau cat. 1. memberi warna pada benda tiga dimensi.
2. memberi hiasan pada benda tiga dimensi. Praktek 5 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III





























SILABUS 1
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : IV
SEMESTER : 1 (Gasal)
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Menjelaskan makna seni rupa terapan.
Seni rupa terapan, cirri-ciri berbagai jenis objek. 14. mengamati gambar rumah adat di nusantara.
15. mengenal cirri-ciri rumah adat tertentu.
16. menyebutkan cirri-ciri hasil karya: gerabah, patung dayak, konde.
17. mencari gambar karya seni di daerah siswa atau daerah lain
18. menyebutkan cirri-cirinya. 1. Menyebutkan cirri-ciri berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara.
Lesan, Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls IV hal….
1.2 mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat.




Jenis-jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa. 4. mempelajari persamaan dan perbedaan dua karya seni nusantara.
5. mencari persamaan dan perbedaan dari karya seni kain batik.
6. mencari persamaan dan perbedaan dari karya seni keris dan clurit.
7. mencari persamaan dan perbedaan dari karya seni wayang golek dan wayang kulit.
8. mencari persamaan dan perbedaan dari karya seni kalung kalimantan dan kalung maluku. 4. menjelaskan persamaan dan perbedaan berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara.
5. mengelompokkan karya seni rupa nusantara dari segi persamaan dan perbedaan jenis objek, tema, dan symbol. Lesan, praktek. 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls IV hal….
1.3 menunjukkan sikap apresiatif terhadap kesesuaian fungsi karya seni rupa terapan.









Sikap apresiatif terhadap karya seni rupa terapan. 10. mengamati karya seni terapan daerah setempat.
11. menunjukkan sikap apresiatif dengan cara menghargai, merawat dan melestarikan. 5. menunjukkan sikap apresiatif terhadap karya seni rupa terapan yang ada di daerahnya. Lesan, praktek. 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls IV hal….
1.4 menunjukkan sikap apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa terapan.
Sikap apresiatif terhadap keindahan karya seni rupa terapan. 1. mengamati karya seni terapan nusantara
2. menunjukkan sikap apresiatif dengan cara menghargai, merawat dan melestarikan.
3. menunjukkan sikap apresiatif terhadap karya seni rupa terapan yang ada di nusantara.
Lesan, praktek. 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls IV hal….

























SILABUS 2
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : IV
SEMESTER : 1 (Gasal)
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
2.5 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb.
Gambar ilustrasi 13. membaca cerita ‘Malin Kundang’.
14. mengamati gambar ilustrasi yang menyertai cerita.
15. mengemukakan pendapatnya tentang cerita yang dibacanya.
16. membaca cerita ‘Patin’
17. mengemukakan pendapat tentang cerita ‘Patin’.
18. mengungkapkan ekspresi manusia menurut gambar ilustrasi yang tersedia.
19. membuat gambar ilustrasi binatang, tumbuhan dan rumah.
20. membuat gambar ilustrasi dalam cerita ‘Bawang Merah Bawang Putih’ 3. menjelaskan karakter tokoh cerita rakyat nusantara dari hasil tanggapan kumpulan gambar ilustrasi.
4. membuat tanggapan cerita secara tertulis tentang karakter tokoh cerita rakyat Nusantara dari karya-karya gambar ilustrasi. Lesan, Praktek 6 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls IV Hal…..
2.6 Memamerkan hasil gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb di depan kelas.
Pameran, gambar ilustrasi. 5. membuat koleksi tentang berbagai gambar ilustrasi.
6. memamerkan gambar-gambar ilustrasi milik sendiri dan milik teman-temannya. 4. memamerkan hasil karyanya dan teman-temannya. Praktek 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan kls IV Hal…..


























SILABUS 3

SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : IV
SEMESTER : 2 (genap)
STANDAR KOMPETENSI : 9. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
9.1 Menjelaskan makna seni rupa murni. Karya seni rupa murni, objek, tema, symbol. 7. Menulis nama-nama karya seni.
8. Mengelompokkan karya seni dilihat dari bahan, manfaat, kegunaan.
3. Mengelompokkan berbagai jeni objek, tema, dan symbol dalam kaa seni rupa nusantara. Lesan, praktek. 4 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..
9.2 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa murni yang ada di daerah setempat. Jenis objek karya seni rupa 6. Mengamati jenis objek dalam karya seni rupa seperti manusia, hewan, atau tumbuhan.
7. Menyebutkan jenis objek yang digunakan dalam karya seni rupa nusantara.
8. Menentukan objek yang terdapat pada karya seni tertentu. 1. Menyebutkan jeni objek pada karya seni rupa nusantara. Praktek 4 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..
9.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya seni rupa murni. Sikap apresiatif 1. Mencar karya seni rupa yang berobjek manusa.
2. Mencari karya seni rpa yang berobjek hewan.
3. Mencari karya seni rupa yang berobjek tumbuhan. 1. Menunjukkan sikap apresiasi terhadap karya seni rupa murni. 2 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..
SILABUS 4

SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : IV
SEMESTER : 2 (genap)
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya sen rupa

Kompetensi Dasar Materi Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
10.1 Membuat relief dari bahan plastis dengan pola motif hias.
Relief, pola motif hias. 7. Tanya jawab tentang relief.
8. mengamati gambar relief.
9. berdiskusi tentang relief dengan beberapa pertanyaan. 1. Membuat koleksi tentang karya relief dari berbagai teknik dengan pola ragam hias nusantara.
Lesan, praktek. 2 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..
Pola ragam hias 5. mengamati pola ragam hias sederhana dari Jawa, Bengkulu, Toraja, Flores, Batak, Bali.
6. Membuat pola ragam hias.
7. Membuat relief dengan menggunakan pola ragam hias buatan sendiri dari bahan lunak.
8. membuat relief dengan teknik pilin.
9. membuat relief dengan teknik cungkil.
10. mengemukakan pendapat tentang relief. 2. Membuat pola ragam hias geometris dan natural.
3. menerapkan pola agam hias geometris dan natural ke dalam relief.
Praktek 4 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..
10.2 Menyiapkan karya sen rupa yang dibuat untuk pameran kelas. Persiapan pelaksanaan pameran. 4. Tanya jawab tentang persiapan pameran.
5. mempelajari hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum pameran. 1. merancang dan menata pameran.
Lesan, praktek. 2 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..
10.3 Menata karya seni rupa yang dibuat dalam bentuk pameran kelas. Menata karya seni rupa. 1. membuat dekorasi panggung
2. membuat hiasan dengan kertas marmer.
3. Membuat laporan pameran. 1. membuat dekorasi panggung dalam rangka menata pameran.
2. membuat laporan tertulis untuk pameran. Praktek 2 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..




















SILABUS 1
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : V
SEMESTER : 1 (Gasal)
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 menjelaskan makna motif hias.
Makna motif hias. 19. mengenal seni rupa nusantara dan motif pada kostum, dan perhiasan yang dipakai dalam pentas seni tari.
1. menyebutkan cirri-ciri berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara.
2. mengelompokkan berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara. Lesan, Praktek 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V hal….
1.2 mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat.
Jenis motif hias. Bentuk objek 9. mengidentifikasi jenis motif hias.
10. mencari motif hias pada kostum yang dipakai para penari nusantara.
11. mengenal tiga macam objek: manusia, hewan, dan tumbuhan.
12. menemukan jenis objek yang ada pada karya seni yang terdapat pada costum penari. 6. mengidentifikasi jenis motif hias. Lesan, praktek. 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V hal….
1.3 menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat.
Sikap apresiasi 12. mencari beberapa motif hias pada buku, majalah, surat kabar, kain, lukisan, dll.
13. menggunakan motif yang ada sebagai model untuk membuat motif-motif yang baru. 6. siswa dapat membuat motif baru berdasarkan motif-motif daerah yang ada. Lesan, praktek. 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V hal….



























SILABUS 2
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : V
SEMESTER : 1 (Gasal)
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
a. Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias nusantara.
Gambar dekoratif, motif-motif dekoratif. 21. mempelajari contoh-contoh motif hias.
22. membuat motif dasar sesuai dengan kreatifitas siswa.
23. membuat gambar dekoratif dengan cara menggabungkan beberapa motif dasar sesuai dengan kreatifitas siswa. 5. Membuat gambar dekoratif dengan motif hias nusantara. Lesan, Praktek 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls IV Hal…..
b. mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.
Gambar ilustrasi. 7. mendengarkan cerita guru tentang ciptaan Tuhan.
8. mengamati gambar binatang.
9. tanya jawab tentang binatang.
10. mengetahui manfaat hewan bagi manusia.
11. menggambar hewan. 5. membuat gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya. Lesan,
Praktek 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan kls IV Hal…..
c. membuat motif hias dasar jumputan kain.
Motif hias. 1. mengenal celup ikat.
2. membuat tisu celup ikat.
3. membuat kain celup ikat. 1. membuat kumpulan tentang berbagai jenis karakter ragam hias dan berbagai jenis teknik pembuatan celup ikat.
2. membuat tulisan berbagai jenis pembuatan dan karakter ragam hias teknik celup ikat. praktek 2 X 35 menit




















SILABUS 3
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : V
SEMESTER : 2 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI : 9. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
9.1 mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa nusantara daerah setempat. Jenis motif hias. 12. mengamati gambar tari Hudog Kita dari Kalimantan dan sendratari Berutuk dari Bali.
13. menulis persamaan dan perbedaan tari Pajaga dari Bugis dengan tari Serimpi dari Jawa Tengah.
14. Menulis persamaan dan perbedaan Gong Gamelan Jawa dengan Kendang Belek dari Lombok. 1. menjelaskan persamaan berbagai jenis objek, tema dan symbol dalam karya seni rupa nusantara.
2. menjelaskan perbedaan jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara. Lisan, 4 X 35 menit






4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III
9.2 menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat. Sikap apresiatif. 7. mengamati gambar tari Kanjet Teweq dari Kalimantan Timur, tari Ngremo dari Jawa Timur, tari Merak dari Jawa Barat, tari Tifa dari Maluku.
8. mencari contoh gambar karya seni bermotif hias yang menarik bagi siswa.
9. mengoleksi gambar karya seni bermotif hias yang menarik bagi siswa. 1. mengoleksi gambar-gambar karya seni bermotif hias yang menarik bagi siswa.
praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III























SILABUS 4
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : V
SEMESTER : 2 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
10.1 Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik dan bahan.
Topeng. 7. membaca bacaan tentang topeng dan topi.
8. mengamati gambar anak menggunakan topeng di hari ulang tahun.
9. membuat topi pawai.
10. membuat topeng. 1. membuat topeng dengan teknik merangkai / menyusun menggunakan bahan daur ulang (kemasan kertas, bahan alam)
Observasi, praktek. 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..
10.2 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya.










Gambar ilustrasi. 5. mengamati gambar wajah anak dan orang dewasa.
6. mengamati gambar manusia dengan tema keramaian di pantai.
7. membuat gambar manusia dengan tema keramaian di pasar. 3. membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya. Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..
10.3 Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas. Persiapan pameran. 1. mendengarkan guru tentang persiapan pameran.
2. mempelajari hal-hal yang perlu dilakukan sebelum mengadakan pameran.
3. membentuk kepanitiaan. 1. merancang dan menata pameran.
Lesan, Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..
10.4 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas / sekolah. Dekorasi, kelengkapan pameran, penataan ruang. 1. mendiskusikan kelengkapan pameran seperti label karya, papan panel, meja, karya seni.
2. merancang tema pameran.
3. menata ruangan bersama-sama. 1. menata ruangan bersama-sama.
Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..
Laporan pameran. 1. mendengarkan penjelasan guru tentang pelaksanaan pameran.
2. melaksanakan pameran kelas.
3. membuat laporan pameran. 1. melaksanakan pameran kelas.
2. membuat laporan tertulis tentang pameran. Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..




SILABUS 1
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : V I
SEMESTER : 1 (Gasal)
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa nusantara daerah lain.
Jenis karya seni rupa, cirri-ciri karya seni rupa. 3. mendengarkan penjelasan tentang jenis karya seni rupa: dua dimensi dan tiga dimensi.
4. mengamati karya seni dua dimensi.
5. mengamati karya seni tiga dimensi.
6. menyebutkan ciri-ciri dari karya seni rupa.
7. Mengelompokkan berbagai tekni dan bahan berkarya seni rupa. 1. Menyebutkan ciri-ciri berbagai jenis objek, tema, symbol dan teknik berkarya seni rupa.
2. Mengelompokkan berbagai teknik dan bahan berkarya seni rupa. Lesan, Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls VI hal….
1.2 Menjelaskan cara membatik.
Batik 13. Bertanya jawab tentang batik dan asal batik.
14. Mengenal ciri-ciri batik Yogyakarta, Solo, Pekalongan, Cirebon.
15. mengumpulkan berbagai ragam hias batik.
16. Mencari tulisan tentang jenis pembuatan batik, kemudian menulisnya.
7. Membuat kumpulan tentang berbagai jenis karakter ragam hias dan berbagai jenis teknik pembuatan pada batik.
8. membuat tulisan berbagai jenis pembuatan dan karakter ragam hias teknik batik. Lesan, praktek. 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls VI hal….
1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah lain. Sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias. 14. Mendengarkan penjelasan guru tentang pemanfaatan motif hias untuk membuat gambar batik di kertas gambar.
15. Membuat gambar batik di kertas gambar.
7. Memanfaatkan keunikan motif hias untuk membuat batik di kertas gambar. Lesan, praktek. 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls VI hal….





















SILABUS 2
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : V I
SEMESTER : 1 (Gasal)
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
a. Membatik dengan teknik sederhana.
Teknik membatik sederhana 1. Mengenal bentuk dasar motif batik.
2. Menciptakan motif batik.
3. Menjiplak motif batik.
4. Menjiplak pola dengan teknik lurus.
5. Menjiplak pola dengan teknik bersimpangan.
6. Mewarnai desain motif batik.
1. Merancang pola ragam hias batik di atas bahan kertas tisu dan bahan kain.
2. Mewarnai batik dengan perpaduan warna pada bahan kertas dan bahan kain. Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls VI Hal…..
b. Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah.
Gambar ilustrasi. 12. Memperhatikan penjelasan guru tentang keindahan lingkungan sekolah siwa.
13. Menyebutkan kebiasaan baik yang siswa lakukan di sekolah.
14. Mempelajari contoh gambar ilustrasi yang telah tersedia.
15. Membuat gambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah kita. 6. Siswa dapat membuat gambar ilustrasi. Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan kls VI Hal…..
c. Merancang boneka.
Boneka. 1. Mengenal boneka.
2. menyebutkan bahan dan teknik pembuatannya.
3. Membuat sketsa boneka.
4. Mengumpulkan berbagai jenis karakter boneka.
5. menulis karakter boneka yang siswa bawa.
1. Membuat kumpulan gambar bentuk karakter boneka.
2. Membuat kumpulan tentang berbagai jenis karakter dan teknik pembuatan boneka.
3. Membuat tulisan tentang berbagai symbol bentuk dari karakter. Praktek 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan kls VI Hal…..
d. Membuat boneka berdasarkan rancangan.
Membuat boneka. 1. Memperhatikan penjelasan guru tentang bahan, alat dan cara membuat boneka telur.
2. Mengamati contoh boneka telur yang sudah jadi.
3. Membuat boneka telur.
4. Memperhatikan penjelasan guru tentang bahan, alat dan cara membuat boneka tangan bentuk burung.
5. Mengamati contoh boneka tangan bentuk burung.
6. Membuat boneka tangan bentuk burung. 1. Membuat berbagai sketsa pengembangan dari jenis symbol-simbol boneka.
2. Membuat berbagai gambar bentuk dari komposisi berbagai karakter boneka.
3. Membuat rancangan gambar boneka kreatif.
4. Membuat boneka dengan berbagai bahan dan teknik. Praktek 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan kls VI Hal…..



























SILABUS 3
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : VI
SEMESTER : 2 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI : 9. Mengapresiasikan karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
9.1 Mengidentifikasi jeni motif hias pada karya seni rupa nusantara daerah lain. Jenis motif hias. 15. Mendengarkan penjelasan guru tentang karya seni rupa nusantara dan manca negara.
16. Mengidentifikasi karya seni rupa dengan cara menulis persamaan dan perbedaan dari dua karya seni rupa.
17. Mencari persamaan dan perbedaan karya-karya seni rupa yang lain. 3. Mengidentifikasi karya senir rupa nusantara dan mancanegara.
Lisan, praktek. 6 X 35 menit






Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah lain. Sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias. 10. Mengamati karya seni rupa nusantara yang ada di daerah lain.
11. menulis hal-hal yang menarik pada karya seni rupa yang telah diamati.
12. Menggambar hal-hal yang unik pada karya seni rupa. 1. Menghargai keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah lain.
Observasi, praktek 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III


































SILABUS 4
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : VI
SEMESTER : 2 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar Materi Pokok / Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
10.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar. Gambar ilustrasi. 11. Tanya jawab tentang keindahan alam.
12. menulis benda-benda yang pernah siswa lihat pada saat tamasya.
13. Mengamati contoh gambar ilustrasi.
14. Membuat gamabr ilustrasi dengan tema suasana di alam sekitar. 1. Membuat gambar ilustrasi suasana alam sekitar.
Praktek. 2 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..
10.2 Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas.






Menyiapkan karya seni untuk pameran 8. Memperhatikan penjelasan guru tentang pameran
9. Melakukan persiapan pameran.
10. Membentuk kepanitiaan.
11. Mempelajari tugas panitia inti dan seksi-seki. 4. Merancang dan menata pameran.
Observasi, Praktek 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..
10.3 Menata karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas. Penataan, pelaksanaan, dan laporan pameran. 4. Menata semua karya seni yang dimiliki siswa.
5. Melaksanakan pameran.
6. Menulis laporan pameran. 1. Melaksanakan pameran kelas.
2. Membuat laporan tertulis tentang pameran. Observasi, Praktek 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..

Tidak ada komentar: