Mencerna apa yang dimakan, menyaring menjadikannya nutrisi, nutrisi kehidupan^^v

Bismillah...proses belajar yang terus-menerus, seharusnya menjadikan diri semakin produktif, insya Alloh...

Sabtu, 29 Mei 2010

Waktu Sholat Dhuha

Waktu Sholat Dhuha
Masuk Kategori: Fiqh, Ensiklopedia Islam, Seri Kesalahan2, Sholat

Bismillah,

Sehubungan dengan artikel tentang sholat Dhuha yang pernah saya muat, banyak pertanyaan yang masuk kepada saya mengenai waktu pelaksanaan sholat Dhuha. Setelah saya teliti, memang saya belum menuliskan waktu pelaksanaan sholat Dhuha.

Jika merujuk kepada hadits, maka kita akan temukan penjelasan dari Rasululloh SAW mengenai waktu pelaksanaan sholat Dhuha sebagaimana yg beliau contohkan. Hadits-hadits tersebut berbunyi:
- “Shalat awaabiin (orang-orang yang kembali kepada Allah) adalah ketika anak-anak unta sudah merasa kepanasan”. Diriwayatkan oleh Muslim
- “Rasulullah SAW keluar menemui penduduk Quba di saat mereka melaksanakan sholat dhuha, lalu Rasulullah SAW, bersabda : “Sholat dhuha dilakukan apabila anak anak unta telah merasa kepanasan (karena tersengat matahari)” ( H.R. Muslim & Ahmad bin Hanbal).
- “Dari Zaid bin Arqam ra. Berkata,”Nabi SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang shalat dhuha‘. Ia bersabda,?Shalat awwabin (duha‘) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari).” (HR Ahmad Muslim dan Tirmidzi)

Dari hadits-hadits di atas, yang bisa dijadikan patokan adalah SAAT ANAK UNTA MERASA KEPANASAN. Masalahnya, banyak yang bertanya jam berapa anak unta merasa kepanasan?

Sesudah saya bertanya dan riset di beberapa tempat dan sumber yang bisa dipercaya, saya tarik kesimpulan bahwa sholat Dhuha BISA MULAI DILAKUKAN JAM 07.00 - 10.30 WIB.

Tentu saja, mesti diperhatikan daerah/lokasinya. Jam 07 WIB ini untuk daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta dan sekitarnya. Sementara untuk Jawa Timur, bisa dilakukan jam 06.45 WIB. Sedangkan di daerah Sumatera, sholat Dhuha baru ‘boleh’ dilakukan sekitar jam 07.30 WIB.

Mengapa ada perbedaan? Hal ini dikarenakan posisi matahari yang berbeda, sehingga tingkat panasnya juga tidak sama. Panas jam 07 WIB di Jawa Timur pastinya lebih panas daripada di Jawa Barat/Jakarta, apalagi dg Aceh. Hal ini wajar, karena matahari sudah lebih dulu ‘datang’ di Jawa Timur.

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa melengkapi artikel saya sebelumnya.

Tidak ada komentar: